Thursday, January 22, 2015

Akhir Dari Semester 5

Gue pikir semua semester ganjil itu jauh lebih asik dari semester genap. Tapi, tapi, semester ini sekali lagi bikin gue mikir dua kali lagi dan lagi buat menyamaratakan nilai sesuatu hal yang sama. Salah besar, dude. Semester lima jauh lebih kalut daripada semester-semester ganjil lainnya, bahkan ngalahin semester empat yang gue pikir adalah klimaks. Ternyata bener apa kata dosen kalo semester lima bakalan lebih kejam dari semester enam, ya eventhough i've never did the last semester yet sih. Tapi, dari wejangan-wejangan orang-orang yang udah berpengalaman dan malang melintang di akademi (militer) gizi ini ya seperti itu kenyataannya. Kenapa? Karena meskipun semester enam bakalan lebih ngeri karena berhadapan dengan pasien langsung, terjun ke dunia "yang sebenarnya", tapi di semester enam bakalan lebih fokus ngerjain apa yang harus dikerjain. Kalo lagi giliran internship term rumah sakit yaudah fokus di situ, pun dengan di desa dan puskesmas. Ngga ada kuliah, nggak ada tugas-tugas yang membabibuta itu. Hanya ada pekerjaan, dan laporan yang langsung dikerjain di term tersebut. Dan bonusnya ya tugas akhir aka skrpsi aka KTI. Enggak kayak semester lima yang kelewatan deh. Ini gue mau berbagi kisah kenapa semester lima ini cocok banget dengan quotes satu ini:



Here they are:

1. Semester lima, dimana ada yang namanya mata kuliah dietetik lanjut. Which means........bakalan masuk ke diet buat pasien dengan penyakit parah-parah macem diabetes, jantung, stroke, gagal ginjal dan penyakit ngeri lainnya. Di sini gue agak sedikit beruntung, entah beruntung atau sebaliknya sih. Dapet dosen yang bukan sama seperti dosen semester 4 yang strict abis. Gue dapet dosen yang baru pulang dari studi S3nya di Amerika, keren sih. Tapi sepertinya beliau masih belajar untuk adaptasi lagi dalam mengajar jadi ga begitu strict. Cocok banget buat semester lima yang garang ini. Hasilnya, di matkul yang seharusnya menakutkan ini, gue jadi nyantai, dan cenderung terlalu nyantai. Tapi untungnya, gue lagi lucky aja di matkul ini. Waktu UAS kemarin dapet kasus yang sama kayak menu gue yang kepilih waktu praktek kuliah, which is...Gagal Ginjal Kronik dengan Anemia, sebenernya pas ujian ditambah hipertensi juga sih tapi ya beti-beti dietnya. Alhasil gue bikin menu yang nggak jauh beda hahahah dan ngerasa lancar ngerjainnya, awalnya takut kok gue lancar banget ngerjainnya ngga kaya biasanya. Jangan-jangan salah banget. Tapi ya, terlepas dari gue salah banyak atau nggak, alhamdulillah lulus ujian prakteknya :)
http://photos-g.ak.instagram.com/hphotos-ak-xpf1/t51.2885-15/1741937_337951113071230_2082047593_n.jpg
Menu Diet Pasien GGK + Anemia + Hipertensi saat ujian
http://photos-c.ak.instagram.com/hphotos-ak-xaf1/t51.2885-15/10831710_1513461785580482_1850991707_n.jpg
Menu Diet Pasien GGK + Anemia  saat kuliah praktek
    

2. Semester lima, ada mata kuliah KTI dasar. So fyi, KTI itu singkatan dari Karya Tulis Ilmiah adiknya skripsi lah ya. Biasanya anak D3 lainnya itu namanya tugas akhir, mereka rata-rata bikin alat gitu deh, atau membuat sesuatu lah ya pokoknya. Nah kalo jurusan gue, ya....seperti kebanyakan skripsi lainnya. Cuma beda nama aja. Di matkul KTI dasar ini, gue dkk musti udah buat proposal KTI. Lumayan gokil, di antara jurusan lainnya yang udah PKL duluan, atau masih asik main-main selayaknya semester 5, jurusan gue musti udah jadi tuh proposal di akhir 2014. Suramnya lagi, deadline judul beserta latar belakang tujuan dkk tidak lain tidak bukan adalah tanggal ulang tahun gue. Yak, hadiah yang mampu menandingi gerhana bulan yang ga pernah gue liat di malam itu. Ngomong-ngomong soal proposal, banyak hal deh yang terjadi ups and downs pastinya. Rasa-rasa putus asa judul diganti mulu, latar belakang, nyari jurnal, coret-coret buang-buang kertas dan tinta, pokoknya asem banget deh rasanya. Tapi setelah itu semua menuju deadline proposal, dosen pembimbing gue nulis di antara coret-coretannya "You can do it, so just do it!!!". A little bit improved my self confidence. Dan beliau selalu bilang jangan pernah takut salah, mahasiswa wajar kalo salah, masih belajar. Di semester lima ini pula gue akhirnya ngerasain apa yang namanya sidang proposal. Rasanya dagdigdugduer. Plus, gue udah tau siapa dosen penguji beberapa hari sebelum sidang. Seperti feeling dan apa yang gue takutin sebelumnya, dosen penguji adalah beliau. Beliau yang gue kagumi sekaligus gue waspadai hahahehehuhu. Lo bayangin deh, gue dibimbing sama seorang master, tapi diuji sama seorang doktor. Puhlease.... Bayangin aja rasanya gimana. Takut banget dan.....bangga hehe. Dosen pembimbing yang satu lagi pun ga kalah badainya deh. Yah pokoknya paket komplit banget deh sidang gue. Jadi, gue nyiapin list perkiraan pertanyaan yang bakal gue dapet nantinya. Dari beberapa pertanyaan, ternyata nyangkut tuh satu pertanyaan dugaan gue. Ya, not bad lah. Gue lumayan percaya diri karena udah nyiapin banyak hal, dan sesekali dibantuin sama dosen pembimbing hehehe. Then how's the result? Gue lulus! yeay seneng banget rasanya. Apalagi pas di awal dosen penguji yang-gue-kagumi-sekaligus-gue-waspadai itu bilang "nyaris sempurna". Gilak, mood level langsung naik banget, langsung jadi pede, nggak pernah nyangka seseorang yang supdupexpert macam beliau, yang selalu ditakutin sama anak-anak kampus ngucapin dua kata itu di sidang gue. Segala puji bagi Allah lah pokoknyaaa. Yah, walaupun setelahnya banyak banget pertanyaannya yang gue rasa dibabat semua dari bab 1 sampe akhir, sampe-sampe penguji yang satu lagi bingung mau nanya apa lagi. Lalu dijawab beliau, masih banyak kok ini yang harus ditanya. Yaaaa yang berarti proposal gue bahkan belum nyentuh garis nyaris sempurna. Tapi rakpopo, yang penting gue jadi semangat setelahnya. I swear rasanya kayak langsung pengen teriak jingkrak-jingkrak langsung, pas moderator bacain kesimpulan kaki gue udah mau lompat, tangan gue udah mau mencengkram sesuatu, rasanyaaaaaaa ga bisa digambarkan pake kata-kata pokoknya super lega!


http://photos-h.ak.instagram.com/hphotos-ak-xfa1/t51.2885-15/10881920_577827059020423_1233962274_n.jpg
Foto sebelum sidang proposal. LULUS! (Amin)

3. Semester lima, it's time to go to village! Awalnya banget gue merasa sangat excited. Yap, ke desa, adalah bagian dari mata kuliah PPG (Perencanaan Program Gizi). Tapi ketika gue mulai masuk pada fase bikin proposal, rasanya kaya ada tangan Voldemort dengan kuku runcingnya nyekek leher gue. Ya emang sih, bikinnya satu angkatan. Tapi ya itu karena banyak banget yang harus dikerjain. Gue jadi sering pulang malem lagi, masalahnya kalo tugas di dunia ini cuma bikin proposal PPG sih it's okay, tapi kan kenyataannya gak gitu. Ditambah lagi punya kelompok yang some of membernya yaaa gitu deh, males ah buat diceritain lagi. Belum lagi jadwal kuliah yang setiap hari kelar jam 4/5. Yah, pokoknya dari sebelum ke desa aja PPG udah merenggut usia muda gue, udah kebayang gimana ke depannya. Nggak jadi excited ke desa. Di semester lima ini juga, gue mendadak punya alergi. Coba tebak alergi apa? Gue juga nggak ngerti, Kata orang alergi dingin alias biduran. But fyi, alergi gue muncul dua kali di semeter lima, anehnya waktu kambuhnya adalah ketika lagi klimaks ngerjain PPG. Pertama, waktu puncak gue pulang malem gegara ngerjain proposal, D.O, dan kawan-kawannya, besokannya badan gue bentol-bentol. Kedua, waktu gue di desa, hari terakhir gue keliling wawancara responden, badan gue bentol dan gatel lagi tapi untungnya cuma sebentar dan dikit. Ketiga, baru banget jumat lalu klimaks nyelesain laporan yang 400an halaman itu, pulang malem dan besoknya gatel-gatel lagi. Jadi, gue tarik kesimpulan kalo gue alergi PPG. Pokoknya dari semua hal kejam yang ada di semester lima, PPG ini biangnya. Nggak pernah berhenti nyiksa satu hari aja tanpa doi. Nggak pernah. Selesai ngerjain proposal dan kuesioner, berangkat ke desa kayak anak ilang nyari responden, nginput asupan responden pertama kali baru tidur jam 3 pagi demi tugas kuliah (biasanya gue give up di maksimal jam 1) sampe mata gue bengkak parah kaget liatnya baru pertama kali bengkak segitunya gara-gara begadang. Cerita mengenai desanya gue ceritain di next post aja karena kalo di sini puanjang banget. Lantas, setelah dari desa masih dihantui sama kerjaan bikin laporan yang lebih cocok buat dijadiin ganjelan pintu. Laporan kelompok gue ngalahin halaman laporan tahun sebelumnya dengan supervisor yang sama. Kemudian gue bayangin adeknya yang bakal dapet supervisor yang sama kayak kelompok gue akan syok ga karuan liat laporan tahun gue. Sabar ya dek, ini hanya ujian hidup. 

http://photos-d.ak.instagram.com/hphotos-ak-xaf1/t51.2885-15/10818097_865552083484771_679232124_n.jpg

4. Semester lima, semester dimana rebutan tempat PKL. Ini lumayan menyita sedikit banyak pikiran sih. Kenapa rebutan? Karena banyak yang mau di luar Jakarta. Gue dari awal udah ngincer Malang atau Solo. Tapi karena salah satu anggota kelompok gue nggak direstuin nyokapnya banget walau udah nangis-nangis, akhirnya ngefixin Solo aja. Lagipula gue pikir nyokap gue juga lebih dukung gue di Solo sih karena ada om di sana. Awalnya, yang minat Solo ada 3 kelompok yang berarti 15 orang sedangkan kuota hanya 5 orang. Wah gila itu perjuangan banget cuy. Satu kelompok ngalah, akhirnya sisa dua kelompok buat ngisi antara Malang dan Solo. Setelah musyawarah panjang dan harus ada air mata di antaranya, akhirnya kelompok gue dapet Solo. Dua kelompok ini termasuk beruntung, kenapa? Karena nggak ada yang sikut-sikutan temen, nggak ada kocok-kocokan. Semuanya musyawarah meskipun harus ada air mata. Tapi banyak temen-temen lain yang kurang beruntung. Bener yang orang bilang, kalo masa pemilihan tempat PKL adalah masa dimana pertemanan lo diuji. Banyak pengorbanan, dan ga seidkit pula yang sikut-sikutan antar temen. Ada yang harus dikocok, dan ada yang harus berakhir dengan sekelompok sama orang yang ga dipengenin. Sekali lagi, gue beruntung. Terus, sekarang H-9 berangkat, gue mendadak deg-degan dan sedih, nggak tau kenapa. Ini pertama kalinya gue merantau guys dan 2,5 bulan bukan waktu yang singkat. Whether it's going to be fun or awful, it depends on me.


5. Semester lima, semester bokek! Ya lo bayangin aja, musti ngeprint, fotkop, jilid segitu banyak laporan PPG, proposal PPG, kuesioner PPG (elah, PPG dominan), proposal KTI yang dicoret-coret, yang musti 3 rangkap, protokol yang musti 6 rangkap. Belum lagi beli keperluan rumah sakit, beli celemek aja musti tiga padahal cuma dipake buat MSPM di RS yang cuma satu bulan. Beli bahan buat seragam, jait seragam, name tag, pelatihan CPR, pelatihan pemadam kebakaran. Abis ini gue jadi superhero lah.


Udah deh cukup lima aja, pas sama namanya, semester lima. Tetep sih, PPG dominan, yang menyita masa muda gue di semester lima. Guepun jadi ansos di semester ini, gue hampir selalu lupa buat ngucapin ulang tahun temen-temen gue. Gue inget, tapi gue entarin karena sibuk ngerjain sesuatu, setelahnya gue kelupaan, atau ketiduran. Hidup gue melulu tentang kampus di semester ini. Mau jalan juga nggak ada uang, selalu dikeep buat kepentingan laporan dan lainnya. 

Dan yak, Innama'al usri yusra, setelah kesulitan selalu ada kemudahan. Setiap harinya gue berusaha selalu mikir, "hari ini pasti lewat". Akhirnya bisa ngelewatin semuanya dengan peluh, air mata. Seneng banget akhirnya semester ini bisa dilalui dan usai. Alhamdulillah. BYE SEMESTER 5. Makasih buat pelajaran berharganya selama empat setengah bulan (yang luar biasa). 

No comments:

Post a Comment

what do you think?