Saturday, January 18, 2014

Re(a)lationship

Jadi, ceritanya gini. Tadi gue lagi (sok) belajar buat UAS gitu. Tapi yang namanya gue ya, nggak bisa belajar kosong hening gitu yang ada malah ngantuk. Gue perlu nonstop playlist dan tentunya gadget. Nah, dalam proses tadi, gue sedikit jenuh terus gue buka twitter aja tuh. Pas banget gue liat temen gue ada yang mention pacarnya gitu suruh buka link. Awalnya gue abaikan, tapi gue scroll-scroll timeline, makin banyak aja yang ngetweet hal serupa. Intinya tweets mereka berisi link dari blognya @Poconggg. Karena penasaran, gue akhirnya buka link tersebut, judulnya "8 Tahap Pacaran". Di timeline sih gue liatnya yang ngeretweet temen-temen yang udah langgeng bertahun-tahun gitu sama pacarnya, umumnya udah nyampe tahap 7 atau 8. Gue ngga akan ngebahas mengenai kedelapan tahapan tersebut, karena si Poconggg udah menjelaskan dengan sangat jelas. Tapi gue tertarik sama satu dari delapan tahap itu, yaitu tahap lima. Kenapa? First reason ever itu ya karena menurut gue, gue sama mantan sebelumnya kelar pada tahapan ini. Bukan kelar karena bisa lanjut ke tahap selanjutnya, tapi kelar karena ya... nggak bisa melalui ujian yang satu ini dan end up dengan hati berkeping-keping. Jadi apa sih tahap 5 itu? Menurut si Arief atau yang biasa dipanggil Poconggg ini, di tahap 5 ini dimana pasangan saling menuntut karena itu dinamakan "Tahap Banyak Tuntutan". Kenapa gue bilang gue pernah sampe tahap ini? Karena gue merasa udah melalui tahap-tahap sebelumnya. Nah, di tahap 5 inilah gue sama dia bener-bener diuji parah. Waktu itu kita dalam keadaan yang sama-sama nggak baik. Dia punya masalah, gue punya masalah dimana gue merasa di waktu-waktu tersebut dia seharusnya selalu ada buat gue. Sedangkan, dia punya masalah yang harus dia urus dengan mengabaikan gue. Gue merasa dia udah berubah, nggak seperti dulu. Dia juga merasa gue nggak bisa ngerti keadaan dia saat itu. Gue terus bersikeras mau dia ada, dan dia yang dulu. Tapi karena itu, dia merasa gue juga jadi bukan gue yang dulu. Diapun tetep bersikeras mau gue buat ngertiin dia. Di samping itu, banyak banget hal-hal yang mendukung pertentangan itu terus terjadi, berminggu-minggu hingga akhirnya salah satu dari kami merasa udah kalah, lelah atas semuanya. Boleh gue bilang, tahap ini emang susahnya dewa. Gue rasa, setiap orang yang menjalin hubungan selama apapun, ketika tiba di tahap ini pun bersusah payah buat survive, buat terus nyelamatin hubungan mereka. Mungkin ada yang berantem parah sampe hampir putus bahkan mungkin udah putus kemudian balikan pada kasus mereka yang beruntung. Padahal, buat mereka yang tangguh dan mau berusaha buat survive, ada kata bahagia setelah tahap ini berakhir. Gue bilang gini karena gue tau seberapa sulitnya masa-masa itu. Mau sebanyak apapun teori yang diserap, ketika kita berhadapan dengan situasi tersebut itu bener-bener nguras segalanya. Tapi bukan nggak mungkin tahapan itu bisa dilewatin, toh banyak banget kok orang di luar sana yang bisa sampe 5 tahun 7 tahun. Bahkan, ada yang LDR beda negara yang awet sampe 4 tahun. Karena itu gue salut sama orang-orang tersebut. Kalo gue sendiri, dari dulu selalu pengennya pacaran yang awet tapi nanti aja kalo udah umur deket nikah, jadi awetnya sampe nikah. Tapi sayangnya selalu kesandung sebelum waktunya dan bahkan sama orang yang ternyata (lagi-lagi) salah. So actually, relationship depends on both of you, not only you.

No comments:

Post a Comment

what do you think?