Tuesday, June 23, 2009

The Miracle Has Came, The Trouble Has Went Away

Insomnia.
Hemm seminggu sebelum pengumuman kelulusan, aku jadi sering insomnia. Seperti yang sudah kita ketahui, insomnia terjadi antara lain karena tekanan psikologis. Kebanyakan mikirin kelulusan jadi nggak bisa tidur.
Puncaknya hari kamis, nggak tau kenapa padahal masih lusanya ... aku baru bisa tidur jam 2 pagi. Sebenernya aku coba untuk nggak mikirin itu, akhirnya jadilah dengerin radio pake headset. Tapi ternyata nggak ngaruh, tiba-tiba pas diem jadi keinget lagi tuh sama kelulusan trus tiba-tiba nangis. Huhuuu ...
Lalu ditambah lagi kalo diputer lagu-lagu mellow jadi inget temen-temen, tambah lagi lah nangis. Tapi nggak apa-apa lah daripada diem jadi tambah nggak bisa tidur.
Yang ada dipikiranku selalu terbayang angka 28, 28 dan 28 ...
Aku nggak siap kalo sampe nemnya di bawah 30. Karena mental aku saat itu nggak pernah dihadapin hal itu. Waktu try out aku nggak dapet nilai di bawah 30. Jadi, kalo sampe nem UN ku di bawah 30, aku pasti sangat sangat frustate.
Hari Jum’at ...
Pagi-pagi buka facebook, status anak-anak janjian semua nih.
Temanya kelulusan, tinggal hitungan jam lagi gitu.
Akhirnya ikutan aja deh update status, tapi aku lupa nulis apa...
Ahh bener-bener deh hari itu aku deg-degannya lebih-lebih. Tapi nggak tau kenapa aku selalu kebayang atau mimpi kalo aku sama kedua temenku, Dhea dan Latansa sama-sama masuk 112. Tapi aku cuma sekelas sama Dhea. Itu aku takutin juga, soalnya biasanya yang aku khayalin atau mimpiin justru kebalikan.
Hari itu, aku putuskan untuk sholat tahajud malamnya. Seminggu itu padahal aku pengen banget tahajud terus tapi yaa apa daya, kodrat udah menentukan nggak bisa. Untung hari itu bisa, jadi tekadku untuk tahajud semakin bulat. Hari itu aku harus tidur cepet.
Hemm, jam berganti menit, menit berganti detik... semakin cepat hari itu.
Malamnya,
Harusnya tidur cepet tapi nggak bisa.
Kalo biasanya ada niat untuk sholat tahajud aku tidur sekitar jam 7-8 malam, tapi ini nggak.. insomnia kecil, ngaret sampe jam 10. Jadi makan mie dulu biar kenyang terus gampang tidur. Hoho
Haaaa, untung bisa bangun jam 3 nya .. sholat lah aku.
Seperti biasa setelah tahajud nggak bisa tidur lagi, tapi kalo sekalinya bisa tidur jadi susah bangunnya.
Hemm, daripada nganggur online facebook aja. Update status, trus ngirim-ngirim comment yang isinya doa ke wall temen-temen.
Belakangan ini apalagi seminggu sebelum pengumuman, aku sama temen-temen banyak-banyak doa bersama di facebook. aku percaya akan kekuatan doa.
Akhirnya bisa tidur nih...
Tapi susah bangun. Bangun-bangun udah jam 6 kurang 10 menit, yasudahlah sholat subuh.
Setelah itu, seperti biasa ... SAKIT PERUT!!!
Kebiasaan deh, setiap cemas pasti jadi sakit perut. Sebel, nyusahin aja ...
Beberapa menit aku habiskan buat megangin perut. Aduuhhh sakit banget..
Setelah mendingan, sempetin online facebook dulu. Hmm, ada yang ‘like’ status fb-ku..
Terus update lagi deh ... ini nihh statusnya kalo nggak salah
Ya Allah Semoga hari ini bukanlah hari terburukku. Merasakan atmosfer kelulusan adalah keinginanku, tersenyum melihat selembar kertas itu adalah harapanku..
Kalo nggak salah sebagian kayak gitu.
aku selalu berfikir...
aku nggak mau mengecewakan orang tua  aku  ..
Yang mereka omongin selalu tentang 112, mereka nggak pernah nyiapin apapun kalo sampe aku nggak lulus atau nggak dapet negeri.
Mereka udah percaya banget sama  aku.
aku  juga nggak mau mereka kecewa sama  aku  ...
aku  nggak mau mereka berfikir bimbel yang  aku   ikutin sia-sia.
aku  nggak bisa bayangin kalo sampe yang mereka harapkan nggak akan terjadi.
aku  juga takut dan nggak mau kalo nanti temen-temen  aku   locat-loncat kegirangan tapi  aku   malah nangis...
Itu yang buat  aku jadi nangis kalo inget kelulusan.
Oke, back to Saturday!
Sekitar jam setengah 7  aku   mandi, di kamar mandi jadi kepikiran lagi.
fik  persiapin diri lo. Bayangin nilai IPA lo 5. Bayangin fik  , lo harus persiapin mental lo. Bayangin kalo nem lo 28 atau 26. Bayangin nilai bahasa Inggris lo 7. Bukan 8 atau 9. Bayangin  fik ... Siapin mental lo.”
Itu yang terlintas di pikiranku.
Kenapa harus bayangin nilai IPA 5??
Iya, soalnya aku paling nggak yakin di IPA. Soal Biologinya susaaaaaaaahh...
Terus kenapa harus bayangin bahasa Inggris?
Yaaa karena bahasa Inggris tuh ngebingungin soalnya. Setelah dihitung-hitung dan dicocokin sama orang pinter di kelas, bahasa Inggris aku yang salah lebih dari 5 berarti kan nggak mungkin dapet nilai 9.
Nah, itu dia tuh yang bikin frustasi juga. Harusnya kan pelajaran kedua bahasa itu aku andalkan, tapi bahasa Inggris aja kayak gitu.
Mmm, ngomong-ngomong tentang UN bahasa Inggris....
Cerita dikit yaaa ...
Sebelumnya aku sama Latansa (nii anak pinter banget), pernah dijanjiin sama Pak Wasgito (guru bahasa Inggris) kalo UN dapet nilai 10,00 bakalan diajak ke BALI.
I know, Latansa know, You know, people know! Pastinya nggak mungkin kan itu terjadi...
Nah justru karena itu sebelum bel UN bahasa Inggris dibunyikan, si Latansa ngajakin aku supaya beneran dapet nilai 10. Ya apalagi kalo bukan ngebuat Bapak itu jadi nanggung malu karena nggak bisa nepatin janjinya.
Ayok!! Setujulah aku.
Setelah bel berbunyi, seperti biasa dengan kartu ujian nempel di kantong baju kita semua masuk ke kelas. Kebetulan aku beda kelas sama Latansa.
Setelah buka soal, liat-liat dikit, mulailah ngerjain.
Setelah ke halaman-halaman berikutnya, tiba-tiba CENGO!
Apaaaaa ?! Soal apaan niiihh! Isinya verbal semua.
Yaa ampun, nii kata-kata susahnya nggak excellent banget sihh tapiiii, justru pilihannya yang ngebingungin. Hampir sama semua artinya...
Oke oke sabar, kerjain yang gampang dulu deh...
Ketemu lagi nih soal cerita, feeling aku bakalan ada verbal lagi nih.
Astaga bener, ada lagiii ... oke oke tenang fik..
Penasaran, liat the next question yang ada wacananya juga.
Aihhh beneran deh. Kali ini habis kesabaranku, setiap wacana selalu ada verbalnya..
Malesin banget, pengen teriak rasanya tapi nggak mungkin kan.. konsekuensinya terlalu berat.
Nahh setelah bel berbunyi, anak-anak seperti biasa rame ngomongin soal.
Aku yang geregetan sama tu soal udah teriak-teriak nggak puas.
Nah, keesokan harinya...
“Lat, kita nggak jadi ke Bali.”
Hahaha itu yang pertama aku bilang ke Latansa. Sang lawan bicarapun membalasnya.
Hemm, orang pinter kayak dia aja kesusahan...
Yapp, itu adegan (halah) di mana aku jadi down..
Oke oke BACK TO SATURDAY
Setelah aku selesai mandi,    aku denger tetangga ada yang tanya sama Ayah..
“Fika pengumuman ya hari ini? Tuh ada tukang pos dateng.”
DEG!!
OH GOD! Jangan bilang nggak jadi basecamp Ya Allah!
Tiba-tiba langsung gemeteran gitu... Katanya juga sekolah lain yang nggak lulus dianter pake pos. Aduh ilangin pikiran itu deh..
Ayah lumayan lama di luar,  aku nggak berani keluar kamar.
Tiba-tiba ayah manggil.
Haaaaa. DEG DEG DEG DEG DEG DEG! Astaga astaga!  aku jawab dengan suara bergetar saking gemeterannya.
HUHH! Untung aja. Nggak tau deh tentang pos itu, entah salah rumah apa emang pos buat ayah. Tapi yang pasti ayah cuma nyuruh smsin jumlah nilainya nanti. Ahhhh ....
Setelah sekitar satu jam... ada sms
Woy ralat ia .
Kata p.fuad Ntar k rmh gw jam 10 g jd jam 9 .
Bawa bju putih buad tnda tngan , trserah mw kaos ato g sragam .
Yg pny spidol bawa ia .
N plang dr rmh gw g jd k pizza cuz msh mw d kmpromiin lg .
Waktu baca kalimat pertama udah kaget, dikirain pengumuman bakal ditunda kayak SMA. Untungnya cuma ralat jam...
Rencananya waktu itu mau berangkat jam 9, tapi sebelum jam 9 aku udah siap..
Nunggunya sambil nonton tv aja.
Tapi nonton tv tetep aje dikit-dikit liat jam dan tau nggak? Setiap liat jam aku jadi tiba-tiba dag dig dug lagi ...
Abis itu berangkat bareng Puput dan setelah sampe basecamp kita di rumah Martha, masih sepi..
Tapi pas kita baru masuk, Latansa sama Kiki muncul dari gang.
Nggak taunya mereka udah nyampe dari tadi, abis dari pasar katanya... Apalagi kalo bukan beli spidol.
Di situ degdegan lagi, sharing tentang perasaan kita deh.
Yang dateng baru dikit, yaudahlah ngisi waktu tanda tangan aja di kaos-kaos kita.
Marta pun cerita sebab ditundanya waktu pengumuman.
Terus, waktu itu baru dikit yang dateng...
Tiba-tiba Pak Fuad (Guru yang nganter amplop kelulusan dateng)..
Aiiiihhhh ... degdegan lagii . Setelah istirahat bentar, makan dikit, minum..
Akhirnya kita dikumpulin di teras, yang dateng pun masih segitu-gitu aja...
Terus Pak Fuad ngasih pengarahan. Disebutin doa bersama dulu, tapi taunya nggak.
Tiba-tiba Pak Fuad yang buru-buru karena harus ngasih amplop ke basecamp-basecamp kelas lain ngeluarin amplop dan nyuruh tuan rumah bagiin.
Ampuuun dehh. Baru aja nyampe, belom ngumpul semua. Masa mau dibagiin sih?!
Aduh, Pak Fuad kok tenang banget sih?! Kayak ini bukan kelulusan. Apa semua lulus dengan nilai bagus?! Astaga astaga langsung DAG DIG DUG lagiiii.
Semuaa langsung jerit pas Pak Fuad nyuruh tuan rumah bagiin... Dipanggil lah satu per satu nama-namanya.
Amel !
Bella !
Trus aku nggak tau siapa lagi. Selagi dibagiin aku cuma bisa tutup muka sambil berdoa.
Aku SANGAT SANGAT TAKUT...
Amel yang pertama kali dapet belom dibuka, Bella duluan dan dia teriak LULUS!!!! Walaupun dengan nem di bawah 30 tapi tergambar keceriaan di wajahnya...
Akhirnya,  aku suruh Amel buka. Amel juga udah merinding, degdegan...
Amel yang buka amplopnya langsung memanjatkan puji syukur. Ternyata amel dapet nem 33.. “Wiiii amel keren” semua bilang gitu termasuk aku.
Latansa !
Iiii waw udah Latansa, bentar lagi aku DEG DEG DEG
..........
Fika !
Haaaaaaaaaaaaaaaaaahhh ...
Perasaan  aku campur aduk..
DEG DEG DEG DEG
Merinding, gemeteran nii tangan  aku amplopnya aja ampe gemeteran.
Bismillahirrahmanirrahim
Bismillahirrahmanirrahim
Bismillahirrahmanirrahim
Bismillahirrahmanirrahim
Ya Allah Bismillahirrahmanirrahim
Itu aja deh yang  aku sebutin sambil gemeteran buka amplop
Tanpa baca embel-embel di bagian pembuka,  aku langsung liat kata tidak lulus.
Tadinya  aku  pikir nggak lulus tapi nggak sempet mikirin itu karena yakin lulus. Mata aku langsung ngajakin liat di bawahnya. Nggak pake fikir panjang langsung buka lipetan bawahnya daaaaaaaaaaaaaaaann ....
ALHAMDULILLAHI RABBIL ALAMIN
Terimakasih Ya ALLAH
Ngeliat angka 34,05 pada baris jumlah  aku langsung sujud syukur di situ sambil mengucap syukur berkali-kali.
Mungkin nem segitu belum cukup bagus. Tapi bagiku itu udah bagus dan mampu menebus segala trouble yang  aku dapet menjelang pengumuman. Segala insomnia, tangisan, sakit kepala gara-gara keseringan mikir itu, deg-degan, gemeteran dan segala macem trouble terbayarkan sudah.
Menelisik nilai yang  aku dapet,
Bahasa Indonesia : 8,80
Bahasa Inggris : 9,00
Matematika : 8,75
IPA : 7,50
Subhanallah... aku tau, ini kekuatan doa...
Karena setelah  aku  hitung bahasa Inggris salah lebih dari lima tapi kenapa bisa 9 ?
Matematika, ini tuh susaaaaah buat aku. Tapi memang nilai matematika meningkat terus sekarang. Waktu UN memang lebih gampang dari try out, TANPA nanya dan TANPA contekan. THAT’S AMAZING!!! Dan kalo dipikir-pikir nilai matematika  aku sama Dhea–kebetulan sama– bisa dapet 9 kalo di soal anak SD yang gampang banget itu bener. Kalo aja lebih teliti, sejarah banget nilai UN matematika aku 9 dan juga Latansa pun bisa dapet 10. Lumayan bawa nama baik 9-1.
Terus IPA juga, seperti yang aku pikir mungkin IPA  aku  dapeet 5 atau 6 nggak taunya 7 ... Itu  aku bersyukur banget karena IPA susah.
aku tau banyak yang udah doain  aku ...
Orang tua  aku , keluarga, temen-temen,  aku  sendiri juga mungkin malaikat yang mendengar doa kita ikut mendoakan ...
Makanya di sini  aku  juga mau ngucapin THANKS A LOT !!!!
Buat semuaaaaaa yang doain  aku , hanya ALLAH yang dapat membalasnya...
aku cuma bisa bilang terima kasih ........
Semuaaa yang aku bayangin nggak terjadi, justru kebalikannya kecuali bayangan masuk 112. Semoga aku di terima sekolah di sana ....
THE MIRACLE COMES TO ME .....
Okehh ... setelah merasakan euphoria ituuu,,
Sebenernya jujur pengen nangis, tapi entah kenapa nggak bisa mengeluarkan air mata.
aku Cuma peluk-pelukan sama temen-temen.
Ada yang nangis karena nem nya kecil, ada juga yang nangis karena senang ...
akuturut berduka sama temen-temen yang nilainya nggak sesuai harapan ...
Pesan  aku , ini bukan akhir dari segalanya. Masih banyak jalan terbentang di luar sana.
aku tau sulit nerima itu,  aku  juga kalo jadi kalian bakal depresi berat.
Tapi sebaiknya jang terlalu terlena dalam kesedihan. Buka mata, umur kita masih panjang. Nggak masuk negeri bukan berarti nggak bisa hidup...
OKE ?!!! CHEERS UP, BUDDY !!!!!
Setelah itu ...
Acara dilanjutkan dengan tanda tangan di kaos-kaos yang telah kita bawa dari rumah. Nggak hanya kaos, ada yang bawa seragam, file jugaaa . macem-macem lah .
Tapi baru cewe-cewenya doang niii, nggak seruuu ...
Narsisnya juga kurang. Ahahaha
Sekarang  aku  pengen banget cepet-cepet harii rabu, karena hari rabu akhirnya masuk ke sekolah lagi untuk ngebahas soal ijazah.
aku nggak pengen pisah sama mereka, walaupun kita bertemen mungkin kurang dari satu tahun, tapii rasanya udah klop bnaget...
Dan kehidupan di kelas 9 ini berlalu begitu cepat.
Nggak kerasa, sekarang kita udah SMA.
Kadang baru nyadar kalo sekarang  aku udah SMA..
Huaaaaaaaaaahh .
Sekarang doaku telah terkabul
Sudah kurasakan atmosfer itu
Senyumku sudah mengembang setelah melihat selembar kertas itu.
Beribu-ribu syukur aku panjatkan kepada-Mu Ya Allah ...
TERIMA KASIH !
Telah mewujudkan keinginanku
Telah membahagiakan kedua orang tuaku
Finally, kehidupan kelas 9 ini berakhir di sini ...karena kita sudah bukan kelas 9 lagiiii ....
Goodbye kelas sembilaaaaaaaaaaan !
Goodbye 134 !
Goodbye Bapak Ibu Guru semuaaaaa !
Goodbye temen-temen !
Just Wanna Say GOODBYE !!!!

No comments:

Post a Comment

what do you think?