Tuesday, June 2, 2015

Accidental Lesson

Kisah ini mungkin nggak akan sengetren kisah cinta-pupusnya Raditya Dika, dan well mungkin juga nggak se-hectic kisah di video pernikahan orang Kalimantan yang sempet geger waktu itu. Menurut gue, ini adalah kisah yang nggak perlu gue tutup-tutupin, bukan sesuatu yang memalukan untuk diceritakan. Ya, ini gue mau berbagi tentang kisah nyata yang terjadi bukan di novel, film, ftv, atau broadway, ini adalah kisah nyata dalam hidup gue.

Dateng ke nikahan mantan, was it too weird? Or it sounds disaster? Yes? No. Banyak orang di luar sana selalu berpikiran aneh, negatif, kalo ngebayangin mereka diundang dan dateng ke acara pernikahan mantannya. Oke, memang kalo keadaannya kita udah settle gitu lah udah punya pasangan, atau udah married, it might be not a very big problem ya kan. Tapi gimana kalo lo harus dateng ke pernikahan mantan lo yang lo udah pernah dikenalin ke keluarganya, yang lo pernah jatoh sejatoh-jatohnya dulu karena dia, yang meskipun udah putus selama 2 tahun tapi lo masih single dan di sana lo ketemu mantan lo yang lain dan ngebawa pacarnya, gimana? Mungkin ada yang cuek, but whyyyyy sebagian besar orang-orang malah mikir nggak bisa, ga kuat, ga ngebayangin bakalan sakitnya kayak apa, nyess banget pasti, ah nanti kayak di film-film nangis bombay, kayak video yang meluk mantan di nikahannya, blah blah blah whatsoever. Gue berbagi cerita ini buat ngebuktiin kalo apa yang terjadi di depan, nggak seburuk apa yang ada di pikiran lo, dan kalo manusia terlalu banyak dengerin suara setan. 

Well jadi gue ini udah putus sama mantan hampir dua tahun, dan selama itu status gue tetap single. So what's wrong with that word "single" sih? Gue nggak malu kok, emang apa yang bikin gue malu? Justru gue seneng gue jadi lebih mendekat sama Yang-Seharusnya-Dicintai. Gue bangga karena selama kurang lebih dua tahun gue bisa lebih berhasil ngejaga diri. Waktu awal putus, gue ya kayak cewek-cewek lainnya yang nangis berlebihan di dua hari pertama putus, lalu semakin bangkit setelahnya. Menurut gue, nangis adalah sesuatu yang wajar kok abis putus. Ya bayangin aja, kalo lo udah biasa sama orang tau-tau besoknya orang itu udah nggak ada, wajar kok kalo sedih. Gue menganggap putus adalah suatu pendewasaan diri, suatu pembelajaran buat diri kita biar buka mata kalo kita sebenernya udah dibangunin sama Tuhan dan ditunjukkin kalo dia bukan orang yang baik buat kita. Meskipun, proses penerimaan itu pasti ada dan suatu proses pasti butuh waktu. Gue akuin emang kalo kita udah terbiasa ngepoin orang itu, pasti bakalan susah berhenti, apalagi sekali udah ngepoin nemu sesuatu yang bikin tambah kepo. Jadi selama ini gue memang terkadang di saat nggak ada kerjaan suka ngepoin orang-orang dan termasuk mantan. Ini suatu kebiasaan yang sulit dihilangkan dan tidak patut ditiru sama sekali.

Oke jadi setelah selama dua tahun kita nggak pernah ketemu, gue sedikit tau tentang rencana dia mau menikah dari hasil kepoan dan orang-orang sekitar yang bilang sama gue. Perasaan gue saat itu? Flat. Nggak percaya? Normal kok. Orang-orang di luar sana juga nggak ada yang percaya. Jujur gue nggak kaget waktu tau itu, apalagi ada adek kelas yang bilang langsung ke gue. Karena dari kebiasaan gue lagi gue suka memprediksi kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi di depan dengan clue-clue yang ada. Jadi waktu tau doi beneran mau nikah dan udah nyiapin tanggal, ya perasaan gue semacam berhasil memecahkan mystery box gitu. Kayak "tuh kan bener dugaan gue!", walaupun tetap bertanya-tanya sih kok bisa bahkan waktunya lebih cepet dari prediksi gue karena ada suatu keadaan yang menurut gue kurang memungkinkan. Yaudahlah nggak usah gue bahas di sini biar kalian kepo :P

Orang-orang di luar sana selalu ngeledekin gue galau, sakit hati, patah hati ditinggal nikah. Sekarang, di mana sih letak galaunya? Gara-gara gue cover lagu-lagu melankolis di soundcloud? Emang gue suka genre slow acoustic gitu kok, so what? Suka nulis puisi-puisi di blog? Gue emang suka puisi, baca puisi, nulis puisi, itu hobi gue, then what? Nonsense. Justru ini gue lagi writer's block banget karena susah dapet inspirasi buat nulis puisi. Gue bisa lancar nulis puisi kalo lagi galau. Tapi buktinya isi puisi di blog gue mentah banget, dikit-dikit isinya. Itu pun gue sebenernya maksa sih selalu nyari fenomena alam yang bisa gue kaitin sama kehidupan gue yang lagi suka sama orang lah, yang perpisahan sama temen lah. Gue pun nggak bisa maksa orang-orang buat percaya sama gue, kan. Yang sebenarnya terjadi adalah mereka kemakan sama pikiran mereka sendiri. Mereka mikir dan ngebayangin kalo mereka jadi gue, sakit banget rasanya, dan lain-lain. Sebenernya gue kasihan sama mereka, kalo mereka jadi gue mungkin bisa acara nangis dua hari denger mantan nikah, atau berkaca-kaca dan hidung merah nahan nangis di acara nikahan mantannya, atau nangis-nangis meluk temennya di mobil karena hari itu mantan yang satunya lagi dateng bawa pasangannya, ya kan?

Sampai tibalah di H-1 acara pernikahan itu. Terus terang saat itu gue bingung mau dateng atau nggak. Gue nanya orang-orang terdekat yang gue percaya buat dateng atau nggak. Mereka nyaranin gue buat dateng, toh apa salahnya? Dan thanks God, none of them yang ngeremehin gue takut nanti gue ga siap, atau nggak kuat, atau apalah. Ya mungkin they know me so well kalo gue udah bener-bener mati rasa. Walaupun ada lah yang masih nggak percaya kalo gue ngerasa fine setelah dateng ke acara itu. Gue seperti biasa memikirkan banyak kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi, dan nggak ada dari kemungkinan itu yang melibatkan perasaan gue, karena mau dikata apapun gue pastikan gue fine di sana. Jadi gue mikir, kalo gue dateng nanti perlu ngobrol nggak? pasti awkward. Terus nanti keluarganya bakal mikir apa ya tentang gue. Kalo gue nggak dateng malah gue takut dikira gue masih gimana-gimana gitu kan. Tapi balik lagi, undangan yang dikirim adalah atas nama grup ekskul, keputusan gue di hari H adalah dateng dengan rombongan. Kenyataannya, rombongan nggak ada kabar dan nggak jelas, waktu ditanya satu-satu pada nggak dateng. Akhirnya gue dan temen-temen gue mutusin untuk nggak dateng daripada gue dateng pasang-pasangan sama temen gue tanpa undangan personal. Semuanya lebih ke arah enak-nggak enak. Sore itu gue mutusin buat hang out sama temen-temen aja. Tapi entah lucky or unlucky ya, baru aja beberapa detik gue duduk di jok mobil, temen gue langsung berangkatin kita ke rumah si mempelai pria. Jadi, kondangan itu disponsori oleh accidental sampling. Ini semua ketidaksengajaan dan ketidaktahuan gue. Gue yang sama sekali nggak siap dengan pakaian gembel-nggak-layak-buat-kondangan-banget itu maksa temen gue buat puter balik, dan kekeuh nggak mau keluar mobil. Dalam perjalanan gue mikir lagi, bakalan super weird kalo gue ndekem di mobil, terlalu childish, mau dikata apa? 

Waktu gue turun mobil jujur gue nervous, deg-degan, apalagi dengan pakaian gue yang oh-so-odd banget gitu kan. Kalo tau mau dateng kan it's okay biar gue pake baju rapihan dikit. Ini bener-bener tanpa persiapan banget. Pas di dalem malah gue ngerasa gue yang bikin orang-orang di sana kaget dengan kedatangan gue. Guenya? Gue senyam-senyum nyengir-nyengir lucu ngeliat ekspresi orang-orang di sana. Seperti perasaan gue sebelum datang, rasanya biasa. Gue berhasil ngebuktiin kalo yang di ftv, novel, film, drama dan lainnya itu nggak bener. Gue kayak dateng ke nikahan temen aja, becanda-becanda, ketawa-ketiwi, ngucapin selamat, foto bareng, selfie. Lucu ngeliat ekspresi kaget pas ngeliat gue dateng, bahkan gue ngerasa gue dan temen-temen gue lebih ke ngerusuh sih, kayak dateng ke nikahan temen sebayaan aja. Rasanya malah lebih ke kocak ya, i don't know why. Makanya buat gue ini bukan sesuatu yang harus ditutupin, apalagi disedihin. Gue ceritain ini ke orang-orang, most of them tetep mikir gue nutupin perasaan sedih, dan mikir sebiasa-biasanya gue pasti ada perasaan nggak enak liat mantan nikah. Kalo dipikir-pikir iya sih ya, pasti ada lah ya, pastilah kayak climax banget gitu. Tapi ternyata kenyataannya nggak, cukup gue buktiin ke diri gue kalo mindset kayak gitu salah. Orang-orang mungkin nggak percaya, tapi pengalaman itu bikin diri gue percaya kalo sesuatu itu nggak seserem dan nggak sengeri apa yang kita bayangin. Toh buktinya gue ngerasa fine banget, kayak gue dan dia nggak pernah ada hubungan apa-apa sebelumnya. Entah gue tipenya kalo udah mati rasa ya mati banget atau emang ini beneran nggak seburuk apa yang orang pikir. 

Lucunya respon orang-orang waktu tau gue dateng mereka itu such "Fik pasti sakit banget ya" "Sabar ya, Fik" "gila kalo gue jadi lo gue marah banget sama temen lo" "terus lo kayak yang video itu nangis-nangis meluk mantan ga Fik?" "Kok lo kuat banget sih". Well, kalo gue ngerasa ini sesuatu yang membuat gue down dan memalukan ngapain gue cerita ke siapa aja sambil nyengir-nyengir. Tapi tetep ada orang yang ngeliat semuanya dari sudut berbeda, dari makna yang emang mau gue sampein lewat cerita ini. Kalo sesuatu itu nggak seserem apa yang kita bayangin. Mind set kita terlalu sering digiring kepada sesuatu yang berbau dramatis sampe akhirnya sesuatu yang seharusnya biasa aja jadi terlalu luar biasa dibuatnya. Gue berhasil ngebuktiin ke diri gue dan orang lain kalo dateng ke nikahan mantan was not a really big problem or thing that way too weird. Dari cerita ini gue mau ngebuka mata, hati, dan pikiran kita untuk nggak negative thinking sama diri kita sendiri dan apa yang akan terjadi di depan sana. So, keep your clean mind.


No comments:

Post a Comment

what do you think?