Saturday, July 5, 2014

Pentingnya Serat dalam Berdiet

Siapa sih yang nggak tahu diet di era yang apa-apa serba modis ini? Semodis apapun gaya berpakaian dan aksesoris yang digunakan orang saat ini rasanya nggak lengkap tanpa tubuh yang ideal yang enak dipandang. But first thing ever sebelum kita berbicara lebih lanjut mengenai diet, kita harus menyamakan persepsi dulu, sebenernya apa sih diet itu? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, diet adalah aturan makanan khusus untuk kesehatan. Sebagian masyarakat menilai bahwa diet itu identik sama yang namanya menurunkan berat badan. Padahal, diet itu nggak selalu untuk hal tersebut. Dilihat dari definisi menurut KBBI itu, diet bukan sekedar untuk menurunkan berat badan melainkan pengaturan makan untuk berbagai macam tujuan yang bertolak ukur pada kesehatan. Diet juga bisa diperuntukkan bagi penderita penyakit tertentu, dan tentunya dengan nama tersendiri. Seperti Diet Rendah Garam untuk penderita hipertensi, Diet Energi Tinggi Protein Tinggi untuk orang dengan status gizi kurang, Diet Rendah Purin untuk penderita asam urat, dan lain sebagainya. Nah, untuk pembahasan kali ini, diet yang dimaksud adalah diet penurunan berat badan yang hanya dikenal dengan 'diet' oleh sebagian besar masyarakat.

Kita mungkin mengenal banyak sekali macam diet penurunan berat badan, seperti diet golongan darah, sampai diet yang saat ini sedang sangat beken yaitu OCD. Di antara berbagai macam diet yang ada, diet penurunan berat badan yang sesuai dengan prinsip ilmu gizi dan kesehatan adalah diet REST. Diet ini mungkin belum banyak dikenal masyarakat, tetapi sebenarnya diet inilah yang paling aman diterapkan ditinjau dari aspek gizi dan kesehatan. Untuk pembahasan lebih lanjut mengenai diet REST, dapat diakses melalui website detik health maupun dapat dibaca langsung dalam buku bertajuk "Slim Is Easy" yang ditulis oleh Ibu Rita Ramayulis, DCN, M. Kes yang merupakan pakar gizi sekaligus dosen di Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Jakarta II.

Hal yang unik pada diet yang berprinsip gizi seimbang ini yaitu mengajarkan pentingnya zat gizi yang kadang luput dari ingatan dan pengetahuan masyarakat, yaitu serat. Seberapa pentingkah serat dalam diet penurunan berat badan? Jawabannya sangat penting. Mengapa? Pertama, serat dapat menghambat penyerapan lemak. Kedua, serat dapat memperlancar pencernaan. Ketiga, serat dapat membuat lebih cepat kenyang. Dari tiga fungsi serat tersebut, maka dapat diketahui bahwa penting sekali mengonsumsi serat makanan dalam proses penurunan berat badan. Sehingga mengonsumsi sayur dan buah-buahan adalah hal yang tidak boleh diabaikan dalam prosesnya. Bagaimana jika tidak suka mengonsumsi sayuran? Sayuran dan buah-buahan dapat saling menggantikan karena sama-sama mengandung serat, sehingga dapat diatasi mengganti sayuran dengan buah-buahan. Konsumsi serat dalam diet penurunan berat badan sesuai diet REST ini bukan berarti mengharuskan kita untuk hanya makan buah dan sayur, tetapi kembali lagi pada prinsip gizi seimbang dimana pada satu kali waktu makan harus terdapat makanan pokok, lauk hewani ataupun nabati, dan juga sayuran ataupun buah sebagai penyeimbang. Penyiasatan konsumsi serat ini misalnya bisa dilakukan dengan mengurangi porsi nasi, dan mengganti pengurangan tersebut dengan menambahkan porsi sayur ataupun buah. Selain tetap mengenyangkan tanpa gangguan psikologis dengan perasaan lapar, lemak yang masuk juga dapat dihambat penyerapannya oleh serat.

http://www.google.co.id/imgres?imgurl=http%3A%2F%2F1.bp.blogspot.com%2F-tzvxoUNp6Oc%2FTkTMjaDV7II%2FAAAAAAAAHOM%2Fj8XhJG7WysM%2Fs1600%2Ftumblr_lpcan4m5yQ1qa2txho1_500_large.jpg&imgrefurl=http%3A%2F%2Fspreadthiswings.blogspot.com%2F&h=335&w=500&tbnid=zplC--aDDDtn2M%3A&zoom=1&docid=Igl4fBHoTt0EQM&ei=0eW3U9LnJo61uATzvIKoAw&tbm=isch&client=firefox-a&ved=0CFQQMygwMDA&iact=rc&uact=3&dur=511&page=3&start=32&ndsp=21&biw=1252&bih=560Lalu, apakah serat merupakan bagian dari zat gizi? Jawabannya, ya. Serat merupakan bagian dari karbohidrat kompleks. Serat yang dimaksud di sini adalah serat makanan atau dietary fiber. Serat ini hanya terdapat pada sel tumbuhan sehingga hanya ada pada bahan makanan nabati seperti kacang-kacangan, biji-bijian, sayur, dan buah. . Mengapa harus sayur dan buah? Karena sayur dan buah menyumbangkan lebih sedikit energi dibandingkan sumber serat lainnya tetapi di satu sisi juga mengenyangkan.

Hal yang tidak kalah penting dalam berdiet yaitu kita juga harus memperhatikan aspek psikologis, gizi dan kesehatan. Jadi, kita sebaiknya tidak perlu memaksa diri untuk melakukan hal yang menyiksa diri kita untuk sesuatu yang justru tidak baik bagi sistem alamiah tubuh.
Balanced nutrition = ideal body = happiness.


No comments:

Post a Comment

what do you think?