Thursday, August 29, 2013

Ini lho, kuliah di Gizi

Dor!
Cie nulis lagi cieee padahal udah males. Gue sebenernya pingin banget cerita tentang college life gue sekarang ini. Terakhir kan gue bilang gue masih belum bisa move on dari high school life style yaa. Sekarang gue sudah mulai membiasakan diri, ya sudah setahun. Ngeri juga kalo belum bisa move on. Di kehidupan kampus ini, gue ngerasa segalanya jauh dari normal gitu. Ya I mean, ketika lagi berat, beraaaaat banget, masalahnya kerjaan gue bukan cuma ngejar deadline tugas, begadang bikin makalah terus berangkat pagi-pagi banget biar kedapetan ngejilid di fotocopyan kampus, atau ngafalin materi presentasi. Bukan cuma itu, di semester 2 kemarin, gue bener-bener harus relain weekend gue buat bikin menu orang-orang yang mikirin gue udah makan aja engga, ngebayar gue aja engga pffft. Belum lagi kalo waktu udah kepepet dalam satu minggu bisa 2 menu yang harus gue kerjain. Bikin menu itu nggak segampang yang lo bayangin, sob. Pertama, lo harus punya kasus. Kedua, lo harus ngitung si klien itu BBnya normal atau enggak, terus berat idealnya doi, sampe lo itung kebutuhan dari mulai karbohidrat sampe vitamin mineral yang gak pernah lo pikirin waktu makan. Dan, belum lagi ya, bikin menunya itu bukan cuma tinggal lo kasih nasi secentong, ikan, tempe, sayur, buah, terus kelar, sob. Tapi ada buku namanya Tabel Komposisi Pangan Indonesia, itu buku panduan semua yang hidup di dunia pergizian. Di situ tiap bahan makanan ada lengkap kandungan gizinya berapa gr/mg per 100gram bahan. Widih. Keren ya kedengerannya kalo gue berhasil bikin satu menu aja. Bisa sih, bisa gila. Mata gue keblenger. Yah, nggak usah bayangin jadi gue kalo lo bukan anak gizi, nggak usah. Kerajinan. Ya bisa sih pake excell jadi lo nggak perlu puyeng bolak-balik liat angka di tabel itu. Tetep aja, temen ujian lo cuma kalkulator sama tabel itu :') Ohya! Waktu ujian adalah waktu terdisaster yang pernah gue alami. Ini lebih-lebih dari snmptn. Oke, tapi ini serius. Lo cuma waktu 4 jam, buat bikin menu sehari dari kasus yang belum lo tau, yang biasanya lo kerjain semingguan itu juga masih salah-salah, sendirian, hanya bertemen kalkulator, TKPI, DKBM dan AKG. DKBM dan AKG itu bukan alat canggih seperti yang kalian pikir, sama saja, mereka tetap sebangsa tabel :')

Cerita dikit deh tentang ujian semester 2. Setelah nasib gue dipertaruhkan dalam 4 jam itu, hari selanjutnya gue harus masak menu yang gue bikin itu, di lab kuliner dong pastinya. Gue udah lumayan pede waktu itu karena gue dapet kasus usila yang adalah materi kedua terakhir sebelum uas. Hitung-hitungan kebutuhan gue masih inget banget lah ya. Alhamdulillahnya lagi, waktu materi praktek usila, gue diajar sama dosen favorit gue waktu semester 1, karena sama beliau ini gue nyambung banget. Ilmunya langsung nyerep ke otak meskipun selalu deg-degan takut tiba-tiba ditanya-tanya dan ga bisa jawab. Nah, praktek terakhir itu masuk deh ke otak udah stay di situ. Jadilah gue dengan mudahnya mengatur makanan apa aja yang mau gue masukin di menu nenek kasus gue itu. Jadi bencana dimulai ketika gue lagi ngobrol sama temen gue tentang menu apa yang bakal kita masak. Oya, gue kedapetan menu makan siang dan snack sore. Gue bilang gue mau masak snacknya pancake, dengan terigu 30gr dan susu 120ml oya sama telur 10gr kalo ga salah. Temen gue langsung kaget dengernya "Dih, ngambang dong entar." Pikiran gue, apaan sih ngambang-ngambang, gue yakin waktu itu gue pernah liat resepnya 1:4 kok. Terus kata-kata temen gue itu bikin gue kepikiran, setelah gue pikir, gue inget dan lebih pastinya lagi gue liat sumbernya, gue salah perbandingan men! Iya juga, jadinya susu pake terigu dong? astaga, bunuh gue bunuh gue! Gue mulai panik, ketakutan, dan muncul siasat licik. Please ini bukan untuk ditiru ya, ya tapi mau gimana, masa lo mau nyajiin susu pake terigu? Yang penting di pikiran gue saat itu yaaa ada wujudnya gitu lho. Dan lagi, ini pertama kalinya gue nyoba bikin pancake. Gue mengutuk diri gue kenapa harus pancake yang ada di pikiran gue? Kenapa nggak sandwich? Roti isi? Atau apa kek yang gampang dan lembut teksturnya, Fik! Pas gue nyoba di rumah juga, disaster yang kedua nih, apa yang ketiga? Oke berapa sajalah yang pasti ini adalah bencana setelah pelangi. Gue liat di internet, gambar pancake lebay-lebay banget masa tebel ngegelembung gitu, kayak di kardus-kardus pancake instan. Sebenernya bukan salah yang masang foto, guenya aja yang bodoh, gue berpikir kalo pancake emang seperti gambar itu. Jadilah gue bikin pancake dengen resep percobaan siasat gue, Jadi gimana 1:4 itu bisa seakan-akan 1:2. Tetep aja gue ngasal kok perbandingannya, yang penting kekentalannya udah pas. Gue tuang deh tuh ke teflon, tapi sok tebel gitu kaya di gambar internet. Yaaa jadinya kayak kue lempeng kalo di Jakarta namanya. Setelah gue liat gambar lainnya, ada yang tipis dan digulung gitu dan temen gue juga bilang waktu di lab ada yang pernah bikin. Dan yaaa, ternyata pancake itu tipis. Nggak sampe di situ. Sebelum tempur di lab, gue udah mengatur rencana apa aja yang gue lakukan terlebih dahulu. Gue mikirnya, gue kelar cepet nih bakal. Nggak kaya sebelum-sebelumnya. Kalo dipikir-pikir ya emang bener, gue masak yang nggak ribet buat si nenek. Nasi, pepes, tim, sup, sama pancake. Tapi ternyata itu membuat gue lalai. Meja sebelah gue udah gelar taplak, udah nata makanan, gue masih ngeluarin pepes sama tim tahu gue. Dan pancake gue.... gue belum bikin pancake. Di waktu-waktu akhir gue masih masak sayur. Tau nggak apa? Sup oyong :') Karena oyong gampang lembek, jadi ya gue masaknya akhir-akhir. Pancake gue pakabar? Gue salah teflon. Teflon udah jelek gue pake. Alhasil nempel-nempel itu adonan. Gue sibuk ngorek-ngorek teflon saat teman-teman gue udah ngelap-ngelap meja. Gue udah mau nangis. Tapi nggak ada waktu buat nangis. Bener-bener pikiran gue kalang kabut. Adonan gue abis. Untung temen beda 1 meja sama gue bikin dadar gulung yang adonannya sama kayak pancake. Dan adonan dia cuma cukup buat dia sodara-sodara! Jadi gue bikin lagi deh, ngayak lagi dong :) Ya untung cuma 30gr. Dan temen samping gue juga bantuin gue bikin pancakenya di teflon karena dia pernah bikin sosis solo yang teknik bikin kulitnya sama. Ah, terimakasih ya Allah ngasih Fika temen-temen baik seperti mereka. 5 menit terakhir gue masih ngurusin pancake, gue kelarin sayur, temen gue bantuin bikin pancake. Gilak, kadang mikir masterchef itu betulan cuma sejam atau engga? Gue itu 3 jam lho, 3 jam. Apa guenya aja kebluk. Dan yaa lagi-lagi Allah masih sayang gue. Gue lulus men! Gue cuma nggak kebayang aja udah capek begitu taunya harus ngulang praktek. Mau tau komentarnya? "Pancake sebaiknya diisi buah. Sayuran kurang bervariasi warnanya. Pepes dan tim tahu enak." Widih! Emang sih, pancake gue cuma pancake aja digulung, nggak pake gula atau garam, digarnish gula halus sama strawberry satu biji. Udah. Udah :') Ya setidaknya pepes sama tahu gue enak kan. Haha itu sih, ujian praktek yang nggak akan gue lupain seumur hidup gue. Oh iya sama satu lagi, ujian praktek kuliner gue bikin puding lapis surabaya. Bayangan gue udah jelek, yang namanya puding lapis selalu nggak mudah, harus kerja cepet. Belum lagi, temen gue sebelumnya bikin puding blackforest yang juga lapis. Tapi mendadak digagalin karena teksturnya masih lembek katanya di dalem. Padahal menurut gue itu bagus lho teksturnya, padet, enak, dan udah dipuji teman-teman. Nah keesokannya gue bikin lapis surabaya, tekstur lapisan pertama yang pake putih telurnya nggak sebagus temen gue kemarin, gue udah ketar-ketir. Dan vla strawberry yang gue bikin masih berasa tesktur tepungnya, tapi di akhir waktu akhirnya jadi juga dan enak! Nggak kaya yang gue coba di rumah, kebanyakan selai. Tetep aja gue masih khawatir soal tekstur gue. Pikiran gue, yaudahlah kalo ngulang, tadi gue bikinnya cepet banget ini, nggak capek, bentaran selesai karena harus cepet, daripada temen-temen yang udah capek banget tapi gagal. Eh ternyata hasil komentarnya "Good job!". Wiiii seneng lah! Komentar terbagus selama gue ujian masak :') Gue juga berhasil plating puddingnya dengan pintar kalo kata Bu Yomi. Ini nggak gue rencanain, belom gue praktekin, nggak tau tiba-tiba terpikir gitu aja. Sayangnya gue lupa foto. Udah nggak kepikiran muehehe.

Anw, lanjut yang tadi, bukan cuma itu perjuangan gue, gue juga harus pulang malam di waktu-waktu gue harus belanja untuk praktek. Dan harus datang pagi untuk beli belanjaan yang harus segar. Tapi, nggak usah ciut gitu yang mau masuk gizi. Percaya deh, walaupun ribet banget bikin menu dan tetek bengeknya, lo bakal ngerasa keren saat lo berhasil nyelesaiinnya. Anggap aja ini sedang dipersiapkan untuk menangani gizi masyarakat Indonesia dan dunia yang lagi lambai-lambai tangan. Kan tadi gue udah ceritain tuh yang berat-berat. Kalo yang ringan-ringan sih enaknya karena mata kuliah itu nggak sebanyak kayak di SMA, jadi berasanya cepet aja. 4 bulan udah UAS aja, weekend selalu berasa cepet dateng, sekarang gue lagi menanti-nanti semester 3 yang katanya jauh lebih leluasa dibanding semester-semester lainnya. Ya begitulah, semester 2 saat-saat tekanan datang dari sana-sini. Gue jadi PJ praktek Pangan pula. Wuduh ampun-ampun. Itu di saat praktek lagi sangat nggak jelas karena nggak ada buku panduan. Semester 2, juga saat gue ngerasain jadi tukang apa aja. Iya, apa aja. Jadi tukang kerupuk, tukang minyak, tukang bakso, tukang nugget, tukang mie tektek, tukang pasta, ya semuanya lah ya pokoknya. Dan praktek bikin menu seperti di atas, nggak akan selesai sampai di sini saja. Semester 4 akan bertemu lagi dengan yang lebih dewa. Udah, nikmatin aja, nikmatin. Nikmatin libur yang tinggul 1 minggu setengah ini. PFFT.


No comments:

Post a Comment

what do you think?