Friday, October 7, 2011

Sweet Or Bitter 17th?

damn yeah 17th -_-
sebenernya kadang gue heran kenapa orang pengen cepet-cepet 17 tahun. Apa karena mau dapet KTP? apa mau dibilang udah dewasa? Gue malah agak sedikit males punya KTP, lucu siiiih, tapiiiiii itu artinya gue siap ikut pemilu, dan kesannya udah tua ._. 
Ngomong-ngomong soal 17tahun, H-2setengahjam gue genap berumur 17tahun. 
17 tahun, menurut gue bukan angka yang sedikit. Gue sama sekali nggak ngebayangin masa dimana gue anggap masa depan adalah apa yang terjadi sekarang, dan masa depannya lagi masih menjadi sebuah misteri. Di tahun ini, gue bener-bener akan diuji, dari segi mental, fisik serta segala-galanya. Dari mulai gue harus menghadapi jadwal padat menjelang kelulusan juga seleksi masuk perguruan tinggi negeri. Juga masalah-masalah yang sudah selayaknya gue hadapi, bukan kaya anak kecil yang nangis hanya karena dia jatuh dan lututnya terluka. 
Kadang gue ngerasa, gue merindukan masa-masa itu, dimana tangisan gue hanya untuk mainan, lutut berdarah, dan lain-lain. Yaaa, tapi gue tau kok, semakin tinggi pohon, maka semakin kencang angin yang menerpanya. 
Satu hal yang ngebuat gue takut di tahun ke 17 ini, gue takut ngecewain orang tua gue. Gue takut mereka nanti akan ngerasa apa yang mereka korbankan itu sia-sia. Gue tau banyak orang yang sayang, ngedukung dan ngedoain gue selalu. Di satu sisi, gue takut banget mereka kecewa, kesedihan terbesar gue adalah ketika melihat mereka bersedih. Gue harus tekadkan dalam diri gue sendiri kalo gue pasti akan buat mereka bangga, gue pasti ngeliat senyum mereka pada saat nanti, gue nggak boleh ngecewain mereka. Itu yang ngebuat gue bertahan bersusah payah hingga detik ini. Gue nggak mau juga kerja keras orang tua gue sia-sia, udah ngebiayain ini itu, gue harus bayar semuanya, gue harus tebus semuanya dengan ngeliat mereka tersenyum bangga. Gue yakin kok, mereka nggak butuh bales budi, tapi hanya dengan ngeliat gue berhasil, mereka pasti udah bahagia.

Juga mengenai 17tahun, gue ngerasa ngga akan ada yang spesial. Gue sering bercanda soal gue mau dibikinin kado ini itu, karena gue ngerasa something awkward ketika kita lagi ngomongin soal kado yang ulang tahunnya deketan sama gue, tapi nggak becandain soal gue. Gue ngga mau muna, diam-diam gue wondering, apa temen-temen gue peduli sama ulang tahun gue? Tapi gue liat mereka lagi sibuk-sibuknya sama urusan pribadi mereka. Yaaa, gimana sih ya rasanya, ketika setiap ada temen yang ulang tahun gue yang "hampir" selalu sms duluan mau ngasih kado apa. Gue yang dengan semangat 45 ngerjain kadonya, sampe walaupun gue dimarahin bokap karena pulang malem mulu di liburan akhir tahun karena ngerjain kado, gue selalu usahain dateng. Hampir setiap kali bikin, gue hampir nggak pernah absen. Sejujurnya gue ngerasa sedih, gue ngerasa gue nggak "sepenting" yang gue kira buat mereka.Ternyata mungkin gue, yang paling nggak penting diantara yang lain. Waktu ulang tahun temen gue lima hari yang lalu, kita go fight buat bikin kado 2 hari berturut-turut, dan kita ulang tahun di minggu yang sama. Gue dengan semangat ngerjain kado-kado itu, tapi gue rasa mereka mengabaikan gue. Rasanya, ya kayak gitu. Kayak ngerasa, gue nggak penting, ga ada yang peduli, ngga ada yang perhatian sama gue. Rasanya ngerasa agak sedikit terdiskriminasi. Kayak hmmm sampah banget ya. Apalagi udah mulai PM, gue yakin mereka tambah sibuk sama kerjaannya masing-masing. Besok aja, pas gue mau traktir, dibatalin kan karena nggak semuanya bisa. Gue sedih aja, nggak aja sih tapi banget seriusan :' nulis ini aja sambil kraying. Kadang gue mikir, 17th itu sweetnya dibagian mananya, perasaan sama aja. Tapi pas gue liat kebanyakan dari temen-temen gue dapet surprise yang lucu-lucu, gue ngerasa, mungkin ini bagian sweetnya. Tapi giliran gue yang bakalan ngerasain ini, gue ngerasa, ini bukan sweet 17th tapi bitter 17th. Gue ngerasa temen-temen gue ngga ada yang peduli. Buktinya ya, minggu ini gue tau banget mereka punya jadwal masing-masing. Emang sih bodoh banget gue suka ngebecandain buat bikin kado gue, akhirnya gue beneran ngarep. Ternyata hasilnya nihil. Gue ngerasa banget perbedaannya, ya gue ga tau sih mereka mikirin gue apa ngga, tapi liat aja, dari kemaren juga sibuk nyiapin buat temen gue yg ultah duluan. Gue ngga minta sesuatu yang berlebih, mereka peduli dan ada di samping gue saat itu juga doa mereka udah lebih dari cukup. Tapi ya mungkin emang mereka lebih peduli sama urusan dan masa depan mereka dibanding memikirkan sedikit tentang gue. Ngga apa-apa lah ya, yang paling utama buat gue itu doa. Gue jadi inget waktu pertama kali ngasih kado buat Mama, rasanya cuma gue doang mungkin yang inget, yang lain malah baru pada ngucapin pas gue ngasih kado. Gue tau kalo gue jadi Mama, gue sedikit haru atau mungkin sedih, kalo cuma gue yang peduli ulang tahunnya. Ulang tahun bukan berarti harus pesta-pesta, tapi bagi gue, kehadiran orang di sekitar kita, kepedulian mereka dan doa mereka adalah hadiah terbesar.

Jatah hidup gue di dunia semakin berkurang, itu artinya gue harus lebih meningkatkan segala-galanya dari mulai kuantitas dan kualitas. Semoga gue semakin dewasa menghadapi segala sesuatu yang terjadi di hidup gue, semoga semakin deket sama Allah S.W.T., semoga gue bisa buat orang tua gue bangga, juga orang-orang di sekeliling gue, semoga gue bener-bener bisa menjadi cahaya buat mereka, seperti arti nama gue :) 

Dan semoga, gue bisa menjadi the next STAN-ER atau the next Yellow Jacket. Amiiiiin =]
Apapun itu saat ini tugas gue hanya berusaha semaksimal mungkin dan berdoa, sisanya gue serahkan jalan hidup gue sama Allah, gue yakin kok, Allah punya kalkulasi sendiri dimana gue harus ditempatkan buat masa depan gue :')

With tears, 
F I K A

No comments:

Post a Comment

what do you think?